Tips Anti Mabuk Darat di Kelok 44

Sumatera Barat sudah dikenal dengan konturnya yang berbukit-bukit dan jalanannya yang berkelok- kelok. Ciri khas yang unik dan tak bisa ditemukan di tempat lain. Keindahan alam yang menemani di sepanjang jalan membuatnya lebih menarik lagi untuk dijelajahi. Hijau perbukitan, hamparan sawah yang tertata rapi, sungai dan danau yang masih tampak alami menambah keistimewaan propinsi ini.
Jauh-jauh hari teman saya mengingatkan tentang kemungkinan mabuk darat selama jalan-jalan di Sumatera Barat. Saya mengabaikannya karena toh sudah terbiasa melakukan perjalanan ke banyak kota. Namun tak urung saya merasa agak mual ketika pergi ke Painan di hari pertama. Jalanannya berkelok-kelok, naik turun dan seringkali mobil kami ngebut. Syukurlah mualnya nggak bertambah parah. Tapi saya jadi khawatir dengan rencana pergi ke Kelok 44, Kabupaten Agam beberapa hari setelahnya. Saya lalu mendapat berbagai tips untuk mencegah mabuk darat yang berguna juga untuk perjalanan di tempat lain. Tips-tipsnya adalah:

  1. Makan dengan cukup, jangan terlalu kenyang
  2. Bila mual mulai terasa, makanlah permen yang bikin segar
  3. Tidur atau mendengarkan musik supaya merasa rileks
  4. Jangan membaca di mobil, kadang bikin pusing
  5. Bila gampang mabuk, hindari duduk di belakang
  6. Minum obat anti mabuk
Bukti sudah mampir di Kelok 44!
Danau Maninjau dari kelok berapa ya, lupa!

Sore kemarin, kami melewati Kelok 44 dalam perjalanan menuju Danau Maninjau. Ya, kelokan- kelokannya memang sadis, banyak U-turn di mana-mana! Klakson harus sering dinyalakan untuk mencegah tabrakan dengan kendaraan yang berasal dari arah berlawanan. Beberapa bagian dibatasi hanya dengan pagar pendek dan pepohonan, membuatnya semakin terasa menegangkan. Kami senang bisa melewati Kelok 44 tanpa gangguan apapun, termasuk mual.

Danau Maninjau yang berkabut

Sepanjang jalan kami dikelilingi oleh putihnya kabut di sisi kiri dan hijaunya pepohonan di sisi kanan. Kabut tebal yang menggantung pada sore tadi membuat saya tak percaya kami masih di daratan yang sama. Semakin ke bawah, kabut di atas Danau Maninjau membuatnya tampak seperti danau di negeri di awan. Sungguh indah. Sungguh cantik.

6 thoughts on “Tips Anti Mabuk Darat di Kelok 44

  • July 12, 2011 at 9:51 PM
    Permalink

    numpang lewat yaa… mau jalan-jalan ke medan? atau mau wisata kuliner di medan? jangan lupa mampir di blog http://www.indrahalim.com ya. Blog kuliner top kota medan. Situs yang lengkap reviewnya tuk resto or kedai yg menyediakan makanan enak di medan.

    Reply
  • July 4, 2012 at 1:38 PM
    Permalink

    http://www.OpiekTidung.com pilihan yang pas bagi anda dan keluarga maupun komunitas untuk mendapatkan paket liburan pulau tidung dengan keindahan wisata pulau tidung yang kami tawarkan maka layaklah bila pulau tidung di sebut sebagai new paradise island.

    ada pilihan paket liburan ke pulau tidung yang bisa anda pilih, mulai dari paket 3 hari 2 malam pulau tidung maupun paket 2 hari 1 malam pulau tidung, dengan harga yang variatif dan terbilang sangat murah, mulai dari 270 ribu per orang sudah include semuanya, jadi anda merasa santai dan menikmati liburan anda.

    segera hubungi kami
    di http://www.opiektidung.com
    contact us
    Mr. Opik
    Telp / SMS
    0815 7470 9743
    0812 9892 7673
    BBM PIN : 27DCC971
    email: opiek2011@gmail.com

    Reply
  • February 6, 2014 at 8:15 PM
    Permalink

    Hi there friends, its great post regarding cultureand fully explained,
    keep it up all the time.

    Reply
  • February 7, 2014 at 1:00 AM
    Permalink

    I pay a quick visit day-to-day a few websites and websites to read articles, except
    this blog offers quality based content.

    Reply
  • February 11, 2014 at 8:47 AM
    Permalink

    Somebody essentially help to make significantly
    articles I’d state. This is the very first time I frequented your website page and
    thus far? I surprised with the analysis you made to make this particular submit
    extraordinary. Excellent job!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Are you human? * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.