Pulau Komodo & Kampanye New Seven Wonders

Komodo Dragon

Awalnya adalah sebuah obrolan di ruang chat Skype, Pakdhe Mbilung memberi sebuah link yang berisi info mengejutkan: Pulau Komodo menempati peringkat terendah di voting New Seven Wonders! Hah kok bisa? Apakah kampanye yang selama ini digadang-gadangkan kurang berhasil dalam menggalang dukungan?

Saat itu, info yang tertera di halamannya menunjukkan pemeringkatan finalis berdasarkan suara yang berasal dari luar negara masing-masing finalis. Peringkat terendah di daftar itu berarti Pulau Komodo mendapat sangat sedikit international vote. Sayang sekali ya! Info di halaman Latest Ranking tersebut diperbarui setiap minggu dan saya lupa mengcapture infonya. Maafkan. 😐

Saya kurang paham mengenai peraturan penghitungan suara voting international New Seven Wonders ini. Apakah seluruh suara yang masuk akan dihitung atau domisili pemberi suara juga diperhitungkan? Maksudnya, apakah hanya suara dari luar negara finalis terpilih yang dihitung sehingga lebih adil untuk finalis yang berasal dari negara yang penduduknya kecil? Anyway, bila ada yang punya informasi mengenai aturan penghitungan suara (bukan penentuan kandidat) ini, mohon informasinya ya! :)

Bawah laut Pulau Komodo

Kalau memang demikian, berarti fokus kampanye Pulau Komodo sebaiknya difokuskan untuk memperkenalkan kekayaan & keindahan alam ke dunia internasional. Syukur-syukur bila kemudian dari situ bisa menjaring banyak dukungan. Jadi bukan hanya mengajak warga Indonesia untuk memberikan suaranya, tapi juga mengajak warga Indonesia untuk memopulerkan kampanyenya ke teman-teman di luar negeri dengan penyampaian info yang menarik & informatif tentang Pulau Komodo. Tentu saja dengan menggunakan bahasa internasional.

Rasa penasaran saya terhadap hal ini mendorong saya untuk mencari tahu lebih banyak mengenai Situs Warisan Dunia di Nusa Tenggara Timur ini. Yeah, I know it’s a lil late but still, better late than never ‘kan? Situs Indonesia Travel rupanya menyediakan info seputar Pulau Komodo yang cukup lengkap. Lebih penting lagi: disajikan dalam bahasa Inggris.

Kudalaut Kerdil

Saya jadi berandai-andai mungkinkah suatu saat saya berkesempatan berkunjung ke Taman Nasional Komodo dan melihat langsung naga tak bersayap itu? Atau (bila sudah bisa diving), mungkin saya bisa menjelajahi keindahan bawah lautnya dan bertemu dengan kuda laut kerdil di sana. Seorang teman berkata bahwa Pulau Komodo adalah pecahan surga baik di daratan dan terlebih lagi di bawah airnya.

So, are you ready to promote the beauty of Komodo Island to international community?

Sumber gambar:

  1. Komodo Live Aboards
  2. Diving in Komodo
  3. Underwater Australasia

17 thoughts on “Pulau Komodo & Kampanye New Seven Wonders

  • December 10, 2010 at 8:04 PM
    Permalink

    Waaah Komodo ada di list terakhir. Mungkin banyak yang gak tau kalo pilihan pertama yang pertma kali di klik akan menghasilkan urutan nomer satu.

    Reply
    • December 11, 2010 at 4:05 PM
      Permalink

      Eh bukannya ketujuh pilihan itu sama ya bobotnya?

      Reply
  • December 10, 2010 at 8:11 PM
    Permalink

    sebenernya, ada yang apatis juga tentang pulau komodo ini. ada yang bilang sebenernya pulau komodo itu gag begitu istimewa selain komodonya. lalu akses kesana yang susah, dan ngga selamanya komodo nampak di hadapan manusia. ada musim2nya.

    terlepas apapun itu, pulau komodo tetap masuk list yang ingin saya kunjungi!

    Reply
    • December 11, 2010 at 2:27 PM
      Permalink

      Begitukah? Minggu lalu Hanin & Yudi ke sana sih, mudah2an mereka bikin blogpost spy bisa tau apa sj yg istimewa di sana skrng ini :mrgreen:

      Reply
  • December 13, 2010 at 10:26 AM
    Permalink

    Baru2 ini mba’ Ollie ke sana non. Dan kisah perjalanannya udah ada di blognya :)

    Reply
  • December 13, 2010 at 11:18 AM
    Permalink

    Ahhhh! Aku ingin ingin ingin ke pulau komodo!! Cuco bangeet nampaknya untuk snorkeling! *ngiler*

    Reply
  • December 14, 2010 at 2:45 PM
    Permalink

    bawah lautnya keren banget 😮

    pengen liat, tapi gak bisa berenang :(

    Reply
  • December 15, 2010 at 5:04 PM
    Permalink

    semoga Pulau Komodo menjadi salah satu dari 7 Keajaiban dunia, ayo sama – sama dukung.
    Seru banget ya Dit, semoga tahun depan ada jodoh dan rezeki bisa berlibur kesana heheheheh 😀

    Reply
  • December 17, 2010 at 12:17 AM
    Permalink

    hooooo…gitu ya…masih kurang di vote and publish lewat TV kali ya??

    Reply
  • December 27, 2010 at 2:36 PM
    Permalink

    Aku udah pernah ke sana, Alhamdulillah. Nah waktu itu angin dan ombak sedang kencang jadi bisanya ke Pulau Rinca yang ada Komodonya juga. Seru banget! Dan kalo perempuan sedang PMS dilarang keras untuk ke sana karena komodo itu teramat peka dengan bau darah. Waktu itu temanku ada yang kesana ditemani sama ranger (petugas taman nasional komodo) :)

    Reply
  • January 4, 2011 at 4:15 PM
    Permalink

    Wah… pengen kesana..
    access nya (red.harga tiket) gampang ga ya?

    kalau di papua ada pulau buaya.. cuma bentuknya aja yang dilihat dari pantai seperti buaya. entah isinya apa..

    Reply
  • February 4, 2011 at 5:16 PM
    Permalink

    Dear Mba Dita,
    Keingintahuan kita ternyata sama, sama-sama ingin mengetahui peraturan dalam N7W (new7 wonders), karena ternyata sekarang komodo terancam ditangguhkan tgl 7 Feb ini(semua hasil voting yang masuk akan terhapus) karena Negara kita tidak sanggup menyelenggarakan event pengumuman N7W di JKT dengan biaya 45 jt USD (notabene uang segitu lebih baek disumbangkan ke daerah2 yg terkena bencana,lebh bermanfaat. Kalau nemu share2 ya mba,,terimakasih :)

    Reply
  • February 23, 2011 at 11:48 PM
    Permalink

    yeee…..
    pulau komodo naik peringkat tu…
    msh di 8 sih.
    smoga bs melejit lebih jauuuuhhhh lag.

    let’s vote for komodo island!!!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Are you human? * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.