Food Bloggers Networking Day di Resto 77

Gathering di restoran selalu menyenangkan! Apalagi kalau acaranya dikhususkan untuk membahas makanan dan pesertanya adalah para blogger penyuka makanan (alias food bloggers). Yay! Inilah serunya Food Bloggers Networking Day (FBND) yang saya datangi pada Sabtu, 19 Februari 2011 lalu di Resto 77, Adityawarman.

Acara ini diselenggarakan atas kerjasama Es Teler 77 dan Goorme. Ada sharing bersama Felicia Nugroho, putri Sukyatno Nugroho (pendiri Es Teler 77), yang bercerita tentang bukunya Prinsip di Sini Senang di Sana Senang. Para peserta juga mendapat bukunya gratis! Saya sudah membaca sebagian, penceritaannya menyenangkan dan ya, memang inspiratif. Cocok buat yang bergelut di bidang bisnis. Talkshow dilanjut oleh Harry Soetardjo yang bercerita tentang Goorme Rolls.

Ada juga demo pembuatan Es Kopi Kocok, Nasi Goreng Buntut serta Es Teler 77, tiga dari sekian menu andalan Es Teler 77. Karena di acara ini ada sesi Food Photography, di setiap akhir demo, peserta dipersilakan mengambil foto masakan-masakan tersebut,

Bandeng Bakar Sinyo

Nasi Goreng Buntut

Toni Wahid dari Cikopi berbagi tentang food photography. Menurutnya, bila berkunjung ke suatu kota, cicipilah makanannya untuk mengetahui heart of the city. Beberapa poin food photography darinya yang saya ingat adalah:

  1. Mulailah membiasakan diri memotret makanan sebelum menyantapnya. Hmm iya keterampilan terasah kalau sering-sering dilatih ya, Pak?
  2. Tidak perlu kamera yang canggih-canggih, yang utama adalah creativity dan passion. Mulailah dengan passion, uang akan datang dengan sendirinya.
  3. Waktu terbaik untuk memotret makanan adalah satu menit setelah disajikan. Lebih dari itu, warna dan penampilan makanan sudah berubah. Tapi kayaknya bergantung pada jenis makanannya juga kali ya, Pak?
  4. Coba-cobalah angle yang berbeda untuk memotret makanan. Nggak selalu dari samping atau depan, eksplorasi dengan bird eye view boleh juga.
  5. …. (akan diupdate kalau ingat) ada yg bisa tambahkan?

Menjelang akhir acara, ada sesi Create Your Own Es Teler 77. Para food bloggers diberikan bahan-bahan & diharuskan membuat Es Teler dengan komposisi & urutan yang tepat dalam waktu kurang dari 30 detik! Es Teler yang saya buat kurang banyak es batu & gulanya, tapi rasanya tetap sedap! Hahaha 😀

Bersama Felicia dan Bukunya

Bikin Es Teler sendiri!

Es Teler bikinanku (-_-")

Foto Bareng Es Teler (^^)

Foto-foto oleh: Nanath

10 thoughts on “Food Bloggers Networking Day di Resto 77

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Are you human? * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.