Aplikasi Rute Transportasi Umum di Singapore

Dua kali berkunjung ke Singapore, cukup untuk menyimpulkan bahwa transportasi umumnya telah didesain sedemikian rupa hingga benar-benar memudahkan penggunanya baik turis maupun warganya. Mereka memiliki moda yang bervariasi sesuai kebutuhan pengguna, pun petunjuk penggunaannya disajikan dalam berbagai bahasa (Inggris, Cina, India dan Melayu).

Untuk memaksimalkan waktu berkunjung yang singkat, maka pemilihan rute transportasi harus direncanakan baik-baik. Googling, research and take notes. Ini rumus wajib untuk turis budget di manapun. Khusus pada trip ke Singapore lalu, saya sangat terbantu oleh website dan aplikasi berikut ini:

Aplikasi Go There Singapore
  1. Everything starts with Google
    It applies to everything, I’d say. Saat di hotel, saya googling “how to get to merlion from bugis”, Google langsung menampilkan Maps, Direction, alamat tujuan dan durasi perjalanan. Just make sure to use the right keywords (in English). Check the keywords structure above as well.
  2. Street directory
    Setelah Googling, saya juga menggunakan Street Directory via mobile browser. Website ini menampilkan lokasi dan jarak stasiun MRT terdekat, jumlah stasiun yang akan dilewati dan jalur MRT yang harus diambil. Namun situs ini tidak menampilkan info tarif, karena itu saya lebih merekomendasikan aplikasi GoThere.Sg.
  3. Go there.sg
    Aplikasi gothere.sg adalah salah satu app wajib baik untuk turis maupun warga. Bisa diakses lewat mobile browser (ringan banget btw) atau instal aplikasinya sekalian. Interface awalnya hanya terdiri dari dua kolom yaitu “From” dan “To” dan button Go There. Aplikasi ini akan memberikan alternatif rute berdasarkan mode transportasi yang dipilih, tarif dan perkiraan waktu hingga ke satuan menit.

    Bila kita memilih moda taksi, app ini bahkan memberikan info mengenai tarif Electronic Road Pricing (ERP) yang berlaku sesuai jam . ERP adalah tarif yang diberlakukan untuk pengendara yang ingin melewati jalur berbayar pada jam sibuk. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk menghindari kemacetan di Singapore. Selengkapnya baca lebih lanjut di halaman ERP LTA Singapore.

Namun, teman yang tinggal di Singapore memberikan tips untuk jangan terlalu terpatok pada panduan peta MRT. Kadang rute tertentu sebenarnya dekat meskipun di peta kelihatan jauh (karena melewati satu-dua stasiun). Misalnya dari Merlion Park ke Gardens by the Bay, kita harus melewati dua stasiun dan satu bis. But in fact, aslinya tidak sejauh itu menurut Kris yang biasa lari sore di area sana.

Nah, ada rekomendasi website atau aplikasi yang lain untuk jalan-jalan di Singapore? Bagi infonya di sini dong!

One thought on “Aplikasi Rute Transportasi Umum di Singapore

  • May 12, 2015 at 1:59 PM
    Permalink

    wah iya juga ya, sayangnya 2013 lalu pas ke singapore belum begitu memfungsikan apps. kalo kesana lagi, wajib pake gothere.sg!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Are you human? * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.