Hangout Bareng Kucing di Cutie Cats Cafe

Cafe kucing menjadi salah satu tren yang muncul di banyak negara beberapa tahun belakangan ini. Untuk pecinta kucing -tapi sulit/tidak sempat untuk memeliharanya-, bayangan ngopi-ngopi lucu di sore hari sambil ditemani kucing-kucing tentu menyenangkan. Dimulai dari Eropa, tren ini menyebar juga ke Asia seperti di Jepang, Singapore & Taiwan.

Waktu melakukan business trip ke Taiwan beberapa waktu lalu, sayangnya saya nggak sempat mencari dan mengunjungi satu pun cat cafe yang ada di sana. Padahal Taiwan -khususnya Taipei-, dikenal dengan banyaknya cat cafe di sana. Saking banyaknya, ada blog khusus yang mereview cafe-cafe kucing yang ada di Taipei (dan kota-kota lainnya): Taipei Cat Cafes.

Namun sejak awal tahun 2015, dua cafe kucing pertama berdiri di Jakarta yaitu: Cutie Cats Cafe dan The Cat Cabin. Sungguh kebetulan, keduanya berlokasi di Kemang Jakarta Selatan dan mulai beroperasi pada Februari 2015. Iya memang sudah cukup lama. Namun karena berbagai kesibukan bekerja, mengurus negara, menyiapkan pernikahan, dan jalan-jalan sehingga keinginan berkunjung baru kesampaian awal tahun 2016 ini.


Karena saat itu tanggal merah (Jumat, 1 Januari 2016), maka saya menelepon dulu untuk memastikan cafenya buka atau nggak. The Cat Cabin yang ditelepon duluan ternyata tutup, maka saya menuju Cutie Cats Cafe. Dari percakapan di telepon, saya jadi tahu bahwa “ruang kucingnya” dibuka setiap satu jam, hanya bisa dikunjungi 20 orang dalam sekali waktu dan tidak bisa reservasi kehadiran melalui telepon. Karena sesi untuk jam 3 sore ini sudah penuh, maka saya ikutan sesi yang jam 4. Nah kalau mau ke sana, saya sarankan mendingan telepon dulu aja tanya apakah masih ada slot.

Cutie Cats Cafe berlokasi di lantai dua bangunan dengan butik tas di bawahnya. Ukuran cafe ini lebih kecil daripada bayangan saya, mungkin sekitar 40 meter persegi yang dihuni oleh 15 ekor kucing dari berbagai ras, baik Persia, Maine Coon, Scottish Fold, lokal, Exotic, Bengal, Himalaya maupun lokal. Sebagian besar sedang tidur atau duduk-duduk malas, ketika diajak main pun nggak semangat. Mungkin mereka lelah..

Wanna play hide & seek? #cutiecats #catcafe #catlover #catcafejkt #cat #kitten

A photo posted by Anandita Puspitasari (@nonadita) on

Saat pertama kali mendengar adanya kafe-kafe kucing di luar negeri, saya membayangkan duduk sore berlama-lama sambil membaca buku atau browsing sambil sesekali dihampiri atau membelai kucing. Namun prakteknya, lebih mirip kebun binatang mini karena setelah membayar biaya masuk, hampir tidak ada yang langsung memesan kue dan minumannya. Padahal kue-kuenya cute. Well akhirnya saya memesan air mineral dingin karena haus.

Beruntung sekali karena bisa menyaksikan sesi makan sore jam 17.30 WIB. Jadi kucing-kucing yang ngumpet terus di sarang mereka di atas turun dan akhirnya pengunjung bisa pegang-pegang juga.

Favorit saya adalah kucing maine-coon besar berwarna kuning (lupa namanya) yang selalu duduk di meja kotak yang sama, sebelum dan sesudah makan sore. Walaupun tidur dan duduk terus, dia cukup kooperatif ketika diajak selfie (hahaha). Ternyata kucing ini punya habit yang ajaib yaitu menumpahkan mangkok air minum setelah makan. Ini saya liat sendiri kelakuannya yang kemudian dikonfirmasi oleh petugasnya.

Overall pengalaman hang out satu jam bersama kucing-kucing lucu ini cukup menyenangkan dan mengobati rindu belai-belai kucing mengingat nggak bisa piara kucing di tempat tinggal sekarang. Definitely will come back tapi enaknya pas weekdays yang agak sepi kali ya.

Cutie Cats Cafe
Jalan Kemang 1 No. 12F, Kemang
Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Operational hours:10 AM – 9PM

Instagram: @cutiecatscafe

One thought on “Hangout Bareng Kucing di Cutie Cats Cafe

  • September 20, 2016 at 12:13 AM
    Permalink

    Surga banget ya, buat relieve stress karena kerjaan, cocok banget nih ke kafe kucing begini

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Are you human? * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.